1

5/19/2015

Kabar Terbaru




SELAMAT JALAN “PAK WILLY….”

          Sejenak ingatan melayang ke masa satu setengah tahun yang lalu. Saat ada kunjungan anak sekolah YPPI-I Surabaya kelas XI IPS-2 yang mengadakan acara “Live In Program” selama 3 hari di Desa Sendangagung, tepatnya tanggal 21-23 Oktober 2013. Mereka berjumlah 49 siswa, 26 pa dan 23 pi. Kehadiran mereka adalah untuk melihat langsung sisi lain kehidupan dan budaya Desa Sendangagung.
            

    Kunjungan itu terasa sangat special bagi warga Desa Sendangagung karena selama 3 hari anak-anak sekolah YPPI yang 100% anak Cina dan non muslim itu berbaur dengan warga desa. Dan Alhamdulillah warga juga bisa menerima kehadiran mereka dengan penuh keterbukaan meskipun berbeda keyakinan. Mereka menginap di  17 keluarga dan menyebar di wilayah RW. 3. Banyak kegiatan yang dilakukan, selain mengikuti kegiatan / kebiasaan keluarga yang ditempati, mereka juga sempat belajar membatik dan membantu anak-anak usia sekolah dasar di sekitarnya untuk belajar bersama.

                Kegiatan ini bagi anak-anak YPPI tentunya juga sangat menarik dan merupakan suatu pengalaman berharga bagi mereka. Karena di sini mereka harus meninggalkan semua bentuk kenyamanan yang mereka miliki ketika berada di tengah keluarga mereka. Tapi nampaknya mereka dapat melalui semua itu dengan senang saat membaur  dan menjadi bagian dari keluarga yang mereka tempati dengan membantu memasak dan menyapu halaman, yang sebenarnya kegiatan ini belum pernah mereka lakukan sebelumnya saat di rumah. Mereka juga melakukan kerja bakti nyapu bareng di halaman / di lingkungan kantor desa.    
       

 











Dalam kegiatan ini mereka bersama 5 orang guru pendamping. Dua diantaranya adalah Pak Muji dan Pak Willy. Selama 3 hari kebersamaan terasa sungguh berkesan. Tapi setelah sekian lama berpisah tiba-tiba terdengar kabar bahwa Pak Willy telah berpulang menghadap Yang Maha  Kuasa. Beliau wafat tanggal 11 Mei 2015 karena diduga mengidap penyakit kanker darah.
Pak Willy adalah sosok yang dikenal lembut, kalem tapi tetap ceria dan penuh wibawa. Selamat jalan Pak Willy, semoga mendapatkan tempat yang layak dan senantiasa mendapatkan kasih dari-Nya. Semoga tabah bagi keluarga yang ditinggalkannya. Amin.
 










PENTINGNYA PENDIDIKAN DALAM MEMUTUS MATA RANTAI KEMISKINAN

Pendidikan menjadi bagian yang sangat penting di dalam percepatan pencapaian masyarakat Sendangagung yang sejahtera dan dipercaya sebagai pemutus mata rantai kemiskinan. Oleh karenanya diharapkan warga Desa Sendangagung memperoleh pendidikan yang cukup memadai seiring dengan kemajuan jaman yang melaju demikian pesat. Hal tersebut disampaikan Panut Supodo Kepala Desa Sendangagung dalam sambutannya pada acara Pembukaan Musyawarah Besar ke 4 Lembaga Pendidikan Ma’arif NU Sendangagung yang diselenggarakan pada hari sabtu, 16 Mei 2015.

Lebih lanjut Kepala Desa dalam kesempatan tersebut mengajak kepada segenap Pengurus Lembaga, Pendidik dan komponen masyarakat lain yang ada di Desa Sendangagung untuk bekerjasama dan bahu-mambahu dalam mengatasi persoalan-persoalan desa utamanya di bidang pendidikan.

Hal lain yang juga disampaikan adalah pentingnya menumbuhkan dan meningkatkan motivasi peserta didik untuk bergairah dan bersemangat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi guna terciptanya SDM yang handal, sehingga tidak hanya wawasan yang luas tetapi juga memiliki daya saing dan nilai tawar yang kuat pada pasar tenaga kerja.

Di akhir sambutannya Kepala Desa menyampaikan rencananya secara bertahap akan mengundang kelompok-kelompok masyarakat yang ada di Sendangagung sesuai dengan bidang masing-masing, dan sudah diawali dengan mengundang organisasi kepemudaan diantaranya Karang Taruna, IPNU, IPPNU dan IPM ranting Sendangagung dalam acara Silaturrohim Pemerintah Desa dengan Organisasi Kepemudaan Desa. Hal tersebut ditujukan adanya kesatuan visi dalam mengatasi berbagai persoalan yang ada di Desa Sendangagung.







SATU JAM LEBIH DEKAT DENGAN ANAK YATIM



“Satu Jam Lebih Dekat Dengan Anak Yatim” Demikianlah motto yang digunakan dalam acara bakti sosial yang diselenggarakan oleh  Yayasan “NAJHATUL FALAHIL ISLAM MIN AYATILLAH” kemaren hari Sabtu, 16 Mei  2015 pukul 13.00 WIB, bertempat di kediaman Khoirul Muzammil, pengelola Bengkel Motor YCTC, tepatnya di RT. 6 RW. 4 Desa Sendangagung Kecamatan paciran.









Dalam acara yang dihadiri oleh Pemerintah Desa Sendangagung yang dalam hal ini diwakili oleh ISWANDI, Sekdes Sendangagung, Yayasan memberikan santunan kepada anak yatim dari 3 (Tiga) Kecamatan yaitu Kecamatan Paciran, Kecamatan Solokuro dan Kecamatan Laren. Berdasarkan keterangan dari panitia penyelengara jumlah anak yatim yang bisa diberikan santunan pada kesempatan ini sebanyak 50 anak, termasuk 22 anak yatim berasal dari Desa Sendangagung.

Serangkaian dengan acara tersebut, pagi harinya di tempat yang sama juga terselenggara acara bakti sosial periksa mata dan kaca mata gratis yang bekerja sama dengan “OPTIK NUSA”. Dalam acara tersebut lebih dari 300 orang hadir melakukan periksa mata.
 





SILATURAHIM PEMDES DENGAN ORGANISASI KEPEMUDAAN
DESA SENDANGAGUNG

Lembaga Kemasyarakatan Desa (LKD) adalah lembaga yang dibentuk oleh masyarakat sesuai dengan kebutuhan dan merupakan mitra Pemerintah Desa dalam memberdayakan masyarakat. Adapun yang termasuk LKD di antaranya adalah RT/RW, PKK, LPM, Karang Taruna, Kelompok Tani, dan atau kelompok-kelompok masyarakat lainnya.

Tugas, fungsi  dan tujuan dibentuknya LKD diantaranya adalah untuk menggerakkan dan mengembangkan partisipasi, gotong-royong dan swadaya masyarakat yang dilakukan secara partisipatif.

Dalam kaitan acara silaturahim antara Pemerintah Desa dan organisasi kepemudaan Desa Sendangagung, Rabo 13 Mei 2015 karena di dalamnya ada Karang Taruna yang merupakan salah satu unsur dari LKD. Dalam acara tersebut Pemerintah Desa mengundang beberapa organisasi kepemudaan desa antara lain Pengurus Karang Taruna, Pengurus Ranting  IPNU-IPPNU dan Pengurus Ranting IPM.


Tujuan diadakannya pertemuan tersebut agar terjalin suatu hubungan yang dinamis antara Pemerintah Desa dan organisasi kepemudaan desa sehingga diantara keduanya  dapat bersinergi untuk bersama-sama mewujudkan masyarakat Desa Sendangagung yang lebih maju, sejahtera dan mandiri.  

Dalam acara tersebut Panut Supodo, Kepala Desa Sendangagung menyampaikan paparan untuk memberikan motivasi kepada khususnya kelompok-kelompok pemuda atau organisasi kepemudaan. Hal ini disampaikan dengan maksud untuk menggali potensi yang ada pada mereka sehingga diharapkan nantinya akan muncul suatu ide/gagasan dan inovasi baru yang bisa dilaksanakan sesuai dengan tujuan, tugas dan fungsi mereka sebagai mitra Pemerintah Desa.

Selama kurang lebih dua jam acara berlangsung dengan aktif dan komunikatif sehingga akhirnya muncullah beberapa ide/gagasan dan usulan diantaranya :
~  Memberikan bantuan kepada keluarga  yang tinggal di rumah tidak layak huni;
~  Memberikan santunan kepada keluarga miskin yang sedang sakit;
~  Perpustakaan / Taman Baca Masyarakat;
~  Sejarah Desa Sendangagung dibukukan;
~  Galeri  Membatik.


Semoga dengan izin Allah SWT dan dengan dukungan semua pihak kelak ide/gagasan di atas dapat terlaksana sehingga kiprah dan peran serta mereka di lingkungan lebih maksimal dan bermanfaat bagi masyarakat. Amiiin…. Ya robbal ‘alamin. 




JUM’AT BERSIH

 
Sudah menjadi kegiatan rutin setiap hari Jum’at pagi Kepala Desa  beserta Perangkat Desa melaksanakan kerja bakti JUM’AT BERSIH di lingkungan kantor Desa Sendangagung dan sudah berlangsung selama satu tahun.



Kegiatan ini dimulai pukul 06.00 WIB pagi. Diawali dengan kegiatan bersih-bersih lingkungan kemudian dilanjutkan olah raga badminton (Bulu Tangkis) di halaman kantor desa. Acara ini ditutup dengan acara sarapan bersama.





           Hikmah yang dapat diambil dari kegiatan ini adalah terciptanya nuansa yang harmonis dan dinamis di lingkungan Pemerintah Desa. Selain itu juga kondisi kantor desa dan lingkungan sekitarnya terlihat bersih dan asri. Semoga kegiatan ini dapat secara istiqomah terlaksana dan dapat diikuti oleh masyarakat di lingkungan mereka masing-masing.



PESERTA LAMONGAN GREEN & CLEAN (LGC) PERINTIS 


S’lamat datang juri, s’lamat datang juri, S’lamat datang kami ucapkan…2x
Salam..salam..........
Terimalah salam dari kami yang ingin maju bersama-sama…2x

Ini adalah penggalan syair yang dikumandangkan para Kader Lingkungan ketika menyambut Tim Juri LGC hadir di lingkungan mereka. Dengan penuh semangat diiriringi tepuk tangan mereka serentak menampilkan gerakan Yel-yel yang selaras dengan irama dan nyanyian yang mereka dendangkan.


Pada Tahun 2015 ini penyelenggaraan Lamongan Green & Clean (LGC) bertemakan Lamongan semakin merdeka sampah menuju green city. Pada kesempatan ini Desa Sendangagung mengikuti seleksi penjurian LGC  kategori RT Perintis dengan menunjuk Kader Lingkungan RT.5 RW.4 dan Kader Lingkungan RT.3 RW.3. Pelaksanaan penjurian tanggal 14 April 2015.


Semoga dapat nominasi, yaaa………….




SENDANGAGUNG GREEN & CLEAN
(SGC)
               

Kemeriahan semarak GREEN & CLEAN telah menginspirasi Panut Supodo, Kepala Desa Sendangagung untuk lebih semangat memberikan motivasi kepada warganya agar lebih memperhatikan lingkungan, baik dari segi kebersihan, keindahan dan keasriannya. Beliau memberikan sosialisasi tentang Green & Clean hingga ke wilayah RT untuk kemudian membentuk Kader Lingkungan di masing-masing RT.
Setelah terbentuk Kader Lingkungan maka kegiatan lingkungan di masing-masing RT menjadi  terkoordinir. Ini terbukti dari kegiatan kader lingkungan di masing-masing RT telah mempunyai jadwal kerja bakti  sendiri-sendiri yang rata-rata dilaksanakan seminggu sekali. Sehingga lingkungan di masing-masing RT menjadi lebih bersih, hijau dan tertata rapi. Apalagi di masing-masing Kader Lingkungan telah membentuk Bank Sampah sehingga dapat membantu mengurangi permasalahan sampah. 

Sebagai bentuk apresiasi Pemerintah Desa kepada warganya atas kerja keras yang telah dilakukan dalam menata lingkungannya maka Pemerintah Desa menyelenggarakan SENDANGAGUNG GREEN & CLEAN (SGC).

Tahap penjurian SGC dilaksanakan pada tanggal 29 Agustus 2014. Tim Juri telah bertugas seharian penuh melaksanakan tugas penjurian dengan detail dari setiap kriteria penjurian  yang meliputi penghijauan, kesehatan dan kebersihan serta administrasi. Sehingga akhirnya sampailah pada tahap putusan bahwa  :
~  Juara 1 : RT.5 RW.4,
~  Juara 2 : RT.3 RW.3, dan
~  Juara 3 : RT.6 RW.2

Semoga dengan diselenggarakannya SGC ini dapat menambah motivasi kepada masyarakat agar lebih bersemangat untuk merawat, menata, dan menjaga kebersihan, kesehatan dan keasrian lingkungannya.









PACIRAN GREEN & CLEAN
(PGC)


Gema dan gaung semarak Lamongan Green & Clean (LGC) telah merambah ke seluruh pelosok wilayah kabupaten Lamongan tak terkecuali Kecamatan Paciran. Pada tahap pelaksanaan LGC tahun 2014 ini Kecamatan Paciran menyelenggarakan  Paciran Green & Clean (PGC) untuk tingkatan RW di seluruh wilayah kecamatan Paciran.



Pada penyelenggaraan PGC ini Desa Sendangagung mengikut sertakan RW. 03 yang diwakili oleh RT.2, RT.3, dan RT.4. Penjurian dilaksanakan pada tanggal 26 Agustus 2014. Alhamdulillah Desa Sendangagung akhirnya meraih peringkat juara ke 2. Ini semua berkat semangat dan kerja keras Kader Lingkungan serta dukungan seluruh masyarakat.
               





Tidak ada komentar :

Posting Komentar